SILABUS
 
Sekolah                :         SMA
Mata Pelajaran   :         Biologi
Kelas/Semester    :         XI/2
 
| Kompetensi dasar | Materi pokok/Materi Pembelajaran | Kegiatan belajar | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu (menit) | Sumber/Bahan/Alat | |
| 1.1.            Mengaitkan struktur   fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system   pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu                                                                                   1.2.Mengaitkan   struktur fungsi dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada   system respirasi  pada manusia dan hewan   tertentu     | *Sistem pencernaan manusia   dan hewan mencakup fungsi, struktur dan proses pencernaan  serta alat pencernaan                             * Zat-zat makanan yang   terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin                                                 *Struktur fungsi dan   alat-alat respirasi                         * Kelainan dan penyakit   yang terjadi pada system respirasi       | * Menampilkan bentuk-bentuk   organ pencernaan yang kemudian siswa mencari fungsi dari setiap organ   pencernaan secara individu *Meneliti buku-buku untuk   mengetahui penyakit apa yang menyerang system pencernaan makanan secara   berkelompok *Menuliskan alat-alat   pencernaan yang lengkap beserta gambarnya secara individu     * Menuliskan data makanan   yang harus dikonsumsi agar mencapai komposisi makanan seimbang dan berapa   energi yang dibutuhkan dalam sehari-hari secara individu *Mengidentifikasi makanan   yang mengandung karbohidrat, lemat, protein, mineral dan vitamin * meneliti makanan yang   mengandung zat pengawet yang berlebihan yang dapat membahayakan system pencernaan,   dikerjakan secara kelompok       *Menampilkan bentuk dari   organ-organ respirasi serta bagaimana fungsi dari setiap organ respirasi   melalui diskusi kelompok *Meneliti buku-buku atau   literature mengenai struktur dan alat respirasi secara individu   * Mendiskusikan bagaimana   Alkohol, rokok, berpengaruh pada system respirasi manusia serta obat-obatan   terlarang atau lingkungan yang tidak mendukung system respirasi * Mendatangi rumah sakit   untuk melihat tekhnologi yang dapat membantu system pernapasan serta cara   penggunaannya melaui kerja kelompok | §           Menjelaskan   struktur, fungsi dan proses dari system pensernaan makanan pada manusia dan   hewan §           Membedakan   antara system pencernaan makanan pada manusia dan hewan §           -Mengidentifikasi   kelainan yang terjadi pada system pencernaan makanan                             §          Meneliti nilai gizi   makanan yang harus dipenuhi dalam setiap harinya   §          Mempertimbangkan   apabila terjadi kekurangan atau kelebihan                                                §          Menerangkan struktur   dan fungsi dari system respirasi §          Menerangkan bagaimana   system respirasi bekerja pada manusia dan hewan               §          Menerangkan penyakit   yang dapat terjadi pada system respirasi  §          Mencatat alat Bantu   pernapasan yang ada pada saat ini | Tugas kelompok, individu,   Tanya jawab, sikap, ulangan harian                                     Tugas kelompok individu,   Tanya jawab, ulangan harian, sikap                                                       Tugas individu, kelompok,   diskusi kelompok, sikap dan ulangan harian                 Diskusi, tugas kelompok,   tugas individu, sikap, ulangan harian | 2X 45 menit                                               2X 45 menit                                                               2X 45 menit                             2X 45 menit | Sumber : -           Buku pegangan -           Buku-buku paket Alat : -           OHP, torso, Mikroskop,   preparat keering Bahan : -           LKS, Transparansi,   Bahan Presentasi                                                                                       Sumber :  Buku paket, buku-buku yang   relevan Alat : Komputer, OHP, Torso Bahan : LKS, Transparansi,   bahan Diskusi | |
 
 
No comments:
Post a Comment